Musim-musim Rina Hassim

Muda meraih beragam penghargaan bergengsi. Tua populer sebagai anggota Golden Girls. Tapi kiprahnya di jagat hiburan tanah air masih belum berlalu.

OLEH:
Randy Wirayudha
.
Musim-musim Rina HassimMusim-musim Rina Hassim
cover caption
Illustrasi: Betaria Sarulina/Historia.ID

SIANG itu, langit di kawasan elite lawas di sebelah barat arena pacuan kuda Pulomas (Jakarta International Equestrian Park Pulomas) teduh. Sesosok perempuan anggun menyapa di muka pagar rumahnya. Dia mengenakan dress motif batik Manado bercorak kuning-cokelat gelap. Senyumnya hangat nan ramah. Kendati usianya sudah menginjak 75 tahun, pesona dan kharismanya belum sepenuhnya hilang.

Seraya mempersilakan tamunya masuk, Rina Hassim meminta asisten rumah tangganya untuk menenangkan anjing-anjing peliharaannya yang sedari tadi menggonggong. “Di sini ada lima (ekor). Dua lagi di atas. Punya cucu-cucu semua, masing-masing satu (ekor),” ujarnya.

Sesekali Rina menghadap cermin besar di belakang sofa. Sekadar mengecek tatanan rambut dan riasan minimalisnya. Berkecimpung di dunia hiburan membuatnya tetap menjaga penampilan. 

“Semasa pandemi masih ada tawaran film maupun FTV dan sinetron. Saya kan sempat sekitar 700 episode di (sinetron) Buku Harian Seorang Istri. Ada juga film horor Ivanna (2022). Setelah itu saya ditawari lagi (FTV) di Indosiar. Syuting tiga hari dan baru selesai kemarin malam,” ujarnya.

Rina Hassim adalah segelintir aktris lintas zaman yang masih mampu mempertahankan kebintangannya. Sejak berkiprah di layer lebar sejak 1960-an, dia setidaknya sudah membintangi lebih dari 120 film. Belum lagi puluhan FTV (film televisi) atau sinetron. Dua Piala Citra dan satu Piala Asia Pacific Film Festival jadi bukti sahih kebintangannya.

Rina mengeluarkan berlembar-lembar foto vintage masa mudanya dari sebuah kardus. Dia berusaha memutar lemari ingatannya tentang masa kecilnya.

“Saya nyari-nyari foto zaman nge-band. Kalau ada mau saya tunjukin,” ujarnya. Tapi dia akhirnya menyerah mengais isi kardus itu.

Buy Article
Punya usulan tema?
promo
Apa tema menarik yang menurut anda layak ditulis untuk Historia Premium
SUBSCRIBE TO GET MORE
If you have a topic that you would like to publish into the Historia Premium, write an abstract and propose it to the internal communication team!
Subscribe
61dd035df96feb03f800b713
636df93e7d1f020125535b1a